Movie Land #6 Distopia

YOGYAKARTA – Minggu, 13 Oktober 2019 Komunitas Multimedia Amikom Yogyakarta (KOMA) dapat menghadiri undangan di acara ‘Movie Land 6 Distopia’ Launching dan Screening Film ‘Biroterasi’ serta ‘Tak Kunjung Usai’ persembahan dari Cinema Komunikasi (CIKO) UMY di Plaza Pasar Ngasem, Yogyakarta.

Movie Land sendiri merupakan agenda tahunan CIKO UMY  yang bergerak dibidang produksi perfilman, dan tahun ini sudah memasuki Movie Land yang ke 6 dengan tema ‘Distopia’.

Pada kesempatan kali ini, CIKO UMY menayangkan dan membuka ruang untuk sharing dan diskusi untuk dua judul film itu. Film yang pertama ialah Biroterasi yang disutradarai oleh Mas Alif Filzha Harahap. menurut mas Bacep, film ini terkesan hebat, karena berani mengambil tema semacam ini, berani mengambil tema tentang busuknya sistem birokrasi jual beli jabatan yang banyak ditemui dinegeri ini. lalu mengapa film ini diberi nama biroterasi? Hal itu merupakan gabungan dari dua kata yaitu Birokrasi dan Terasi. Terasi memiliki bau khas yang kurang sedap (Busuk) Maknanya adalah setiap perbuatan jual beli jabatan adalah tindakan Busuk / Tidak Terpuji.

Film berikutnya ialah Tak Kunjung Usai yang disutradarai oleh Mas Danang Prasetyo. Menceritakan sesosok hantu penasaran yang berusaha mendapatkan KTP. Film ini Mengkritisi tentang lama dan rumitnya nya proses pembuatan KTP yang kerap terjadi. Dalam diskusi mengenai film ini, harus serta merta menyeimbangkan logika penonton dengan logika sang film maker. Pesan dari film ini antara lain ialah : Jika kesalahan tidak ada perubahan, sampai mati pun tak kan pernah ada yang berubah. 

Untuk keseluruhan, acara ini dikemas dengan konsep yang baik. Para tamu undangan maupun penonton dapat ikut serta berdiskusi bersama tanpa adanya peraturan yang mengekang. Quiz yang diadakan oleh panitia pun terkesan interaktif dan menghibur, sehingga menghindarkan penonton dari kata bosan. Semoga kedepannya Cinema Komunikasi UMY dapat terus menyelenggarakan event serupa guna meningkatkan daya kreativitas dan pengalaman terbaik para mahasiswa dalam pembuatan film pendek. Aamiin..

KOMA

Selalu dihati,

Selalu dinanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *