PAMERAN DIKSAR BINGKAI ANGKATAN 8 – ‘NITIMANTA’

Salam KOMA!

Lama tidak bertemu teman-teman Chako dan Chika. Gimana kabarnya? Semoga sehat sentosa dan tetap semangat seperti Chako dan Chika ini wkwk.

Oh ya, ada artikel terhangat nih, kemarin Minggu 16 Februari Chako dan Chika main-main ke Pameran Diksar Bingkai UIN Sunan Kalijaga yang ke delapan, pameran foto yang diselenggarakan oleh salah satu UKM Fotografi yang ada di UIN Sunan Kalijaga yaitu Bingkai. 

Pameran Diksar angkatan delapan ini bertemakan ‘Nitimanta’ berarti Yang Berperilaku Baik dalam bahasa Sansekerta. Salah satu teman Bingkai menjelaskan bahwa tema ini berawal dari persepsi atau sudut pandang masing-masing fotografer muda tentang menyikapi polemik kehidupan yang terjadi di lingkungan mereka. Kata ‘Nitimanta’ sendiri memiliki tafsir yang berbeda menurut masing-masing pameris, karena Tuhan menciptakan sesuatu pada dasarnya adalah agar makhluk berbuat kebaikan. Kenyataannya, buruk, jahat, tercela atau lalim itu tidak ada, yang ada hanyalah presepsi masing-masing manusia terhadap ketiadaan kebaikan di dalamnya. Pemilihan bahasa pun relevan dengan eksistensi ‘Nitimanta’ sebagai representasi suatu hal yang sudah ada sejak dulu. Maka dari itu, definisi sederhana namun mendalam inilah yang menjadi alasan anggota Komunitas Fotografi Bingai UIN Sunan Kalijaga ke delepan memilih tema ‘Nitimanta’ sebagai tema pameran kali ini, dan di representasikan secara pantas dalam 24 sudut pandang. 

Foto – foto yang dipamerkan adalah hasil karya atau jepretan dari anggota Bingkai lintas generasi yang dikumpulkan dan dipajangkan di Kafe Alembana Yogyakarta, tempat diadakannya event tersebut. 

Chako dan Chika senang sekali bisa ikut hadiri memeriahkan Pameran Bingkai, semoga karta-karya yan dihasilkan dapat dinikmati dan di apresiasi oleh pengunjung pameran dan para fotografer selalu bisa mengekspresikan ide serta kreatifitas mereka dalam menyampaikan pesan-pesan sebagai ragam ungkapan rasa syukur serta nilai-nilai keindahan seni dan makna dalam.

KOMA

Selalu di hati, Selalu di nanti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *