Parade Film Avikom 2022 “OBSCURA”

Parade Film Avikom 2022 “OBSCURA”

Yogyakarta – Sabtu, 26 Maret 2022 Komunitas Multimedia Amikom Yogyakarta (KOMA) menghadiri acara Parade Film Avikom 2022 (PFA 2022). Acara ini dilaksanakan secara hybrid, acara luring di Sarang Building (art space & coffe shop)  dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan acara daring melalui platform Zoom Meeting. PFA 2022 dilaksanakan mulai pukul 13.00 – 22.00 WIB. Dalam acara PFA 2022  ini juga memiliki beberapa kegiatan yaitu movie screening, workshop, dan launching film.

Acara PFA 2022 ini merupakan ruang apresiasi bagi para anggota AVIKOM yang aktif yang baru saja usai membuat film pendek. Tak hanya sebagai ruang apresiasi namun juga untuk memperkenalkan AVIKOM kepada khalayak luas dan juga diharapkan acara ini dapat menjadi wadah bertemunya komunitas film di Yogyakarta. Pada tahun ini PFA 2022 mengangkat tema “Obscura” dengan mengusung tagline “Breakthrough Cinema!”. Yang mana tema tersebut terinspirasi dari kamera obscura yang merupakan kamera berbentuk ruang gelap dengan lubang kecil yang menjadi tempat cahaya untuk masuk dan merefleksikan gambar secara terbalik. Gelap dan terang menjadi elemen utama dalam kamera untuk menghasilkan gambar. Melalui dua elemen tersebut kita dapat melihat serta mendefinisikan fenomena atau kejadian yang ditangkap oleh kamera. 

Acara ini diawali dengan workshop 1 yang bertemakan “Intro to Storytelling through cinema” yang dibawakan oleh Greg Arya. Lalu dilanjutkan ke workshop 2 yang bertemakan “Connecting Film with Audiences” yang dibawakan oleh Gerry Junus. Kemudian masuk ke acara inti yang dipandu oleh Endi Afrian Saputra dan Emerentiana Tyas selaku MC. Acara inti dibuka dengan sambutan oleh M.Taufik Budiman selaku Ketua Himpunan, lalu dilanjutkan sambutan oleh Hasan Abdurrahman selaku Ketua Umum AVIKOM, dan terakhir sambutan oleh Anastasia Salsa Dianthea selaku Ketua Panitia PFA 2022. Kemudian masuk ke acara screening film pembuka lalu dilanjutkan sesi diskusi bersama sutradara dan produser film.

Acara yang berlangsung mulai pukul 13.00 ditutup dengan penayangan video behind the scene mulai dari pembuatan film hingga acara PFA 2022 berlangsung. Semoga semakin banyak wadah apresiasi untuk para sineas Indonesia dan juga wadah untuk para komunitas film bisa saling bersilaturahmi. semangArt!!!

KOMA

Selalu Di Hati

Selalu Di Nanti 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *