
Halo Sobat Chako dan Chika gimana nih liburan udah jalan – jalan kemana aja? Pastinya seru ya bisa bertemu keluarga juga buat teman – teman yang ga pulang kampung jangan bersedih kalian masih bisa lho menyibukkan diri juga di kos dengan menjadi kepanitiaan event misalnya. Ngomong – ngomong tentang kepantiaan nih, Chako & Chika mau memberikan beberapa tips membuat event kalian sukses. Pastinya memorable banget deh.
Mengadakan event memang tidaklah mudah dan kita juga di tuntut agar hal tersebut yang berjalan lancar dan tidak mengeluarkan biaya yang cukup besar dan pastinya butuh banyak pengalaman. Berikutbeberapa tips agar event yang kamu adakan menjadi event yang sukses.
- Membangun Kepanitian Event
Sebelum kamu memikirkan konsep maupun tema event. Kamu harus membentuk kepanitiaan dulu nih, siapa saja nanti yang akan menjadi tim kamu untuk dapat menyukseskan event. Bentuklah dari kelompok kecil dulu lalu di bagi per divisi. Jika kelompok yang kamu buat sudah cukup barulah menyusun strategi untuk menyukseskan event itu, jika memang belum ajaklah teman sekitar mu yang memang kamu percaya untuk membantu kamu dalam menyukseskan event tersebut atau kamu membuat open recruitment kepanitiaan lalu ada tahap penyelesian sesuai kriteria kamu.
- Menentukan konsep dan Pembagian Tugas Kepada Setiap Divisi
Setelah kalian sudah membentuk kepanitiaan event. Menentukan konsep adalah faktor utama menentukan kesuksesan suatu event. Kalian perlu menukarkan ide konsep – konsep menarik dan pendapat bersama. Bagi lah panitia dalam beberapa kelompok dan pastikan setiap kelompok panitia sudah mendapatkan tugasnya masing- masing, jangan sampai ada anggota yang lain mengalami kendala dalam menjalankan tugas dan perannya. Dan sebaiknya membagi tugas kepada setiap anggota tim dengan benar dan sesuai dengan minat mereka agar mereka dapat menjalankan tugas mereka tanpa beban dan bertanggung jawab pada tugas yang sudah diberikan. Tentukan jadwal rapat rutin kalian agar dapat memantau tugas apa saja yang belum maupun sudah di lakukan.
- Menentukan Anggaran Dana
Nah, Kalian sudah membuat kepanitian sekaligus menentukan konsep tentan event tersebut tentukanlah besar anggaran dana yang di butuhkan event tersebut. Membuat event sudah dipastikan akan banyak memerlukan dana yang cukup besar. Oleh karena itu kita perlu melakukan budgeting agar kita mengetahui gambaran biaya yang akan dibutuhkan untuk event tersebut. Buatlah list apa saja yang diperlukan, mulai dari perlengkapan yang harus dibeli hingga perhitungan harga
- Menyediakan Perencanaan cadangan
Ketika kalian membuat suatu rencana untuk menyukseskan event. Pastikan kalian sudah mempunyai rencana cadangan. Jika perencanaan sudah sangat matang, tapi hanya karena dana event yang masih kurang atau tempat yang sudah di sewa untuk event tidak memungkinkan yang menyebabkan acara event menjadi batal pastinya kita semua tidak ingin hal itu terjadi. Oleh karena itu, sebaiknya kita tidak lupa untuk menyiapkan beberapa rencana cadangan. Jadi saat rencana A tidak dapat dilaksanakan kalian masih memiliki rencana B atau yang lainnya.
- Evaluasi setelah pelaksanaan event
Suatu hal yang sering dilewatkan tapi menjadi hal yang sangant penting dalam penyelenggaraan event yaitu evaluasi. Padahal, evaluasi sangat diperlukan sebagai bahan masukan dan pertimbangan agar event yang akan dilaksanakan di kemudian hari bisa lebih sukses. Lewat evaluasi, kalian bisa mengetahui kelemahan- kelemahan yang terjadi selama acara berlangsung dan memperbaiki kelemahan tersebut agar tidak terulang di acara event selanjutnya.
Gimana nih, Sobat Chako dan Chika sudah siap belum menambah kesibukan kalian dengan hal yang bermanfaat seperti mengikuti kepanitiaan event. Selain menambah pengalaman menjadi kepanitiaan event juga bisa dapet jodoh lho, eh relasi. Gausah takut gagal kan udah ada beberapa tips nya nih. Kalau ada pertanyaan yuks langsung tanyakan di kolom komentar ya. see u.